Ciri Make Up Palsu dan Tips Menghindarinya

By Tami Oktari - February 24, 2020


Produk make up palsu sedang ramai diperbincangkan saat ini. Kejadian ini tentunya juga sangat mengejutkan, karena menimpa penjual make up yang telah diendorse oleh public figure ternama. Ini tentunya menimbulkan keresahan bagi kaum wanita yang gemar membeli make up. Untuk itu, perlu diketahui apa saja ciri make up palsu. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak memiliki izin edar resmu dari BPOM
  2. Harga jual terlampau murah dari harga pasaran
  3. Menjanjikan hasil yang instan
  4. Pembungkusan tidak rapi
  5. Memiliki tekstur lengket seperti lem
  6. Memiliki perbedaan warna yang mencolok
  7. Menyebabkan iritasi saat digunakan

Tips Menghindari Make Up Palsu

Setelah kamu mengetahui ciri-ciri make up palsu, pastinya kamu ingin tahu bagaimana tips menghindari make up palsu. Simaklah tips berikut ini:

1. Cek Izin Edar Produk

Semua produk make up yang beredar di Indonesia wajib memiliki izin edar produk dari BPOM. Jika produk make up yang kamu beli tidak memiliki izin edar dari BPOM, maka bisa dipastikan bahwa produk make up tersebut adalah palsu. Namun, jika produk make up tersebut memiliki izin edar, maka perlu dicek keaslian izin edar tersebut. BPOM memiliki situs web resmi khusus untuk mengecek keaslian izin edar sebuah produk. Jika ketika dicek izin edarnya tidak sesuai dengan yang tertera di kemasan, maka produk make up tersebut juga bisa dipastikan palsu.

2. Hindari Produk dengan Embel-Embel Impor

Oknum penjual make up biasanya menggunakan embel-embel make up impor untuk mendongkrak penjualan make up palsu mereka. Padahal perizinan untuk menjual barang impor tidak bisa sembarangan diberikan. Terlebih jika produk make up tersebut palsu.

3. Selalu Beli di Toko Resmi

Hal yang paling mudah agar terhindar dari produk make up palsu adalah membelinya di toko resmi. Bukannya tidak percaya dengan penjual biasa, namun agak sulit untuk mengetahui reputasi dari penjual biasa. Bahkan, penjual yang sudah di endorse oleh public figure pun bisa tersandung kasus penjualan make up palsu.

4. Cek Warna Produk

Warna produk make up palsu cenderung berbeda dengan produk make up asli, bisa jadi lebih pucat atau lebih terang. Hal ini karena make up palsu memakai bahan pewarna yang tidak sesuai peruntukannya untuk produk make up. Salah satu contoh bahan pewarna yang digunakan adalah bahan pewarna tekstil

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Ini adalah godaan yang paling susah untuk ditolak. Produk dengan harga murah emang menjadi salah satu daya tarik bagi wanita. Hal itu juga yang dimanfaatkan oleh oknum penjual make up untuk menjual produk make up palsu mereka. Bahkan, mereka biasa memberikan embel-embel diskon agar lebih meyakinkan calon konsumen mereka. Untuk itu, selalu cek harga pasaran dari produk make up yang akan kamu beli.

6. Jangan Mudah Percaya dengan Klaim Produk

Banyak produk make up yang dijual di pasaran yang menjanjikan hasil nampak setelah pemakaian beberapa kali. Kamu tidak boleh percaya begitu saja. Sejatinya, produk make up itu memberikan hasil secara bertahap dalam waktu sebulan hingga 2 bulan pemakaian.

7. Perhatikan Kemasan Produk

Yang terakhir, cek kemasan produk make up yang kamu beli. Pastikan produk make up tersebut dalam kondisi utuh, tidak ada cacat atau kerusakan pada bungkusnya.

Kesimpulan

Itu tadi ciri make up palsu beserta tips untuk menghindarinya. Selalu cek produk make up yang akan kamu beli agar terhindar dari bahaya make up asli. Untuk informasi lebih lengkap seputar ciri kosmetik palsu, silahkan kunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/edan-ini-ciri-dan-bahaya-kosmetik-palsu-yang-pernah-diingatkan-tasya-farasya/ . Dengan maraknya kasus kosmetik palsu, kamu harus semakin berhati-hati dalam membeli kosmetik. Selalu beli kosmetik asli dari masing-masing brand. Kamu pun harus bersabar juga dalam membeli kosmetik asli dari brand ternama yang biasa dibanderol dengan harga mahal. Eitss tapi itu dulu! Sekarang, kamu bisa membeli kosmetik dari brand ternama dengan mudah dan cepat dengan menggunakan kartu kredit. Segera ajukan kartu kredit kamu di CekAja.com! CekAja.com telah menjalin kerjasama dengan puluhan bank ternama di Indonesia. Prosesnya pun cepat dan mudah.

Disclaimer: Artikel ini adalah content placement

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Silahkan tinggalkan komentar, kritik atau saran mengenai konten ini. Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thank you~♡