Beberapa Cara Sederhana Dan Ampuh Mengobati Bisul

By Tami Oktari - August 13, 2019


Bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang pada saat disentuh terasa sakit dan berisi nanah. Terjadinya benjolan tersebut diakibatkan karena adanya infeksi kulit yang menyernag folikel rambut atau kelenjar minyak yang berada dibawah kulit. Tetapi sebenarnya pada saat terjadinya bisul ini, kamu enggak perlu bersusah payah mengobatinya ke dokter, terkecuali memang sangat terpaksa. Pasalnya adanya beberapa langkah sederhana dan ampuh yang dapat kamu lakukan untuk membuat bisul mengecil dan menghilang.

Berikut beberapa cara sederhana dan ampuh mengobati bisul diantaranya adalah:

Jangan Memaksa Memecahkan Bisul

Pada dasarnya bisul akan sembuh jika benjolan yang ada pada kulit tersebut udah pecah. Tetapi bisul yang pecah enggak dengan sendirinya atau pecah secara terpaksa akan memperparah infeksi sekaligus dapat menyebabkan bakteri yang justru akan menyebar di bagian kulit lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menunggu bisul tersebut pecah dengan sendirinya.

Mengoleskan Salep Antibiotik

Bisul yang muncul pada bagian kulit sebenarnya dapat diobati dengan mudah. Salah satu cara mengobati bisul yang mudah adalah dengan mengoleskan obat salep khusus bisul yang sekarang ini udah banyak tersedia di apotek ataupun toko-toko obat lainnya. Dengan menggunakan salep ini, insyaallah akan membantu meringankan infeksi yang terjadi pada bisul.

Menghindari Menyentuh Bisul

Sebaiknya kamu enggak menyentuh atau bahkan memegang bisul dengan tangan yang sebelumnya enggak dicuci terlebih dahulu. Karena bisul sangat sensitif terhadap bakteri sehingga akan memungkinkan terjadinya infeksi lainnya pada saat tangan kotor tersebut menyentuh bisul. Oleh karena itu sebaiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu, sebelum dan sesudah mengobati bisul.

Menutup Bisul dengan Kain Kasa Yang Steril

Jika bisul yang udah pecah enggak segera ditangani maka kemungkinannya dapat mengalami infeki kembali. Oleh karena itu, bisul yang udah pecah tersebut harus segera ditutup dengan kain kasa yang telah diberi alkohol dan sabun anti bakteri. Hal tersebut dilakukan supaya kain kasa tersebut bersifat steril dan menghindarkan bisul terkena infeksi yang lainnya.

Rutin Mengganti Perban

Biasanya untuk bisa menutupi bisul yang semakin membesar akan digunakannya perban yang udah disterilkan sebelumnya. Dengan mengganti secara rutin perban pada bisul makan akan dapat menghindarkan bisul tersebut dari terkena infeksi yang lainnya. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengganti perban 2 hingga 3 kali dalam sehari sehingga akan terhindarnya dari terkena infeksi yang lainnya.

Mengkompres Bisul Dengan Air Hangat

Untuk dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi karena adanya infeksi pada bisul tersebut, maka kamu bisa mencobanya dengan mengkompres bisul tersebut dengan menggunakan air hangat. Dengan melakukan hal ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam sehari maka akan dapat membantu mendorong nanah untuk berkumpul di puncak bisul. Sehingga akan matangnya bisul dan mengecil dengan sendirinya. Jika bisul yang kamu alami mengalami infeksi yang cukup parah maka akan semakin membesar dan bahkan menyebabkan peradangan. Jika kondisinya seperti itu maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter untuk bisa mendapatkan penangan segera. Hal tersebut dikarenakan nanah yang menggumpal pada bisul tersebut harus segera dikeluarkan secara medis, sehingga akan terhindar dari terjadinya infeksi yang dapat membahayakan kamu lebih jauh lagi. Dengan memeriksakan diri ke dokter, maka dipastikan bisul yang dialami insyaallah enggak akan membahayakan kesehatan

*Disclaimer: Artikel ini adalah content placement


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar