[REVIEW] Althea Petal Velvet Sunaway

By Tami Oktari - April 02, 2019



"Sunscreen dengan hasil velvet dari Althea Petal Velvet Sunaway"


Assalamu'alaikum. Hi beauties..

Penggunaan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari. Banyak orang yang kadang masih sepele dengan hal ini yang kadang masih suka skip penggunaan sunscreen, termasuk aku sendiri. Ya, aku termasuk orang yang masih suka skip penggunaan sunscreen. Tapi bukan karena malas ataupun menyepelekan efek buruk sinar UV, melainkan karena susahnya mencari sunscreen yang cocok di wajah sensitif dan acne prone ini. Beberapa bulan belakangan ini, aku coba salah satu sunscreen keluaran Althea. Setelah sekian lama mencoba dan memastikan hasilnya di wajah aku, baru sekarang aku berani untuk up reviewnya.


✨ PRODUCT INFO
Nama Produk: Althea Petal Velvet Sunaway
Netto: 55 ml
Harga: Rp. 145.000
Made in Korea



✨ PRODUCT CLAIM
Althea Petal Velvet Sunaway ini dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Ringan dan memiliki formula pelembab, ekstrak mawar Damask yang memastikan kulit tetap dalam kondisi segar dan terhidrasi sepanjang hari. Produk ini juga memiliki SPF 50+ dan PA++++ yang dapat terus melindungi kulit sepanjang hari. Selain itu juga terdapat partikel-partikel serbuk mikro yang membuat kulit menjadi lebih halus seperti kelopak bunga.


✨ PACKAGING
Dilengkapi dengan box berwarna pink lembut. Di bagian belakang boxnya tertera keterangan produk yang ditulis menggunakan tulisan hangul. Untuk kemasan produknya memiliki botol yang berbentuk persegi panjang yang berwarna putih dengan tutup berwarna pink lembut. Tutup produk berbentuk ulir. Kemasannya cukup sturdy, bukan kemasan yang ringan dan murahan kok.



✨ INGREDIENTS
Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Disiloxane, Propanediol, Titanium dioxide, Dicaprylyl ether, Methyl methacrylate crosspolymer, Pelargonium graveolens flower oil, Salvia officinalis (Sage) oil, Pogostemon cablin oil, Citrus aurantium bergamina (Bergamot) fruit oil, Rosa damascena flower extract, Peg-10 dimethicone, Stearic acid, Aluminum hydroxide vinyl dimethicone/methicone silsesquioxane crosspolymer, Sodium chloride, Triethoxycaprylylsilane, 1,2-Haxanediol, Sorbitan caprylate, Glyceryl caprylate, Polygluceryl-6 polyricinoleate, Ethylhexylglycerin, Butylene glycol, Ethyl hexanediol, Caprylyl glycol

Sejak baca blognya Insommia yang bahas mengenai fungal acne (baca disini), aku jadi degdegan dengan beberapa ingredients seperti stearic acid, sorbitan caprylate dan glyceryl caprilate yang katanya bisa menjadi pemicu breakout. Kalian bisa baca di blog tersebut untuk info lebih jelasnya.

Sedangkan untuk sunscreen agent nya adalah Zinc oxide dan Titanium dioxide jadi ini termasuk physical sunscreen ya.

✨ FORMULA (TEXTURE & SCENT)
Teksturnya creamy mirip lotion. Harus dikocok dulu sebelum digunakan. Untuk aromanya, kerasa aroma mawar. Aku kurang suka ama wanginya sebenarnya, kurang nyaman aja rasanya.

✨ RESULT
Hasilnya velvet (semi matte), jadi bukan hasil yang 100% matte tapi berasa lembab juga di wajah. Gampang diratakan dan cepat menyerap. Aku suka ama hasilnya di wajah karena enggak berasa lengket ataupun berminyak. Di timpa pakai bedak tabur lagi juga oke kok. Setelah pakai sunscreen ini, kulit menjadi lebih putih (lihat foto dibawah). Hal ini dikarenakan sunscreen ini mengandung Zinc oxide dan Titanium dioxide yang membuat whitecast, jadi harap hati-hati kalau lagi foto yang pakai flash yah karena bisa membuat wajah menjadi lebih putih. Tapi untuk penggunaan sehari-hati, okelah.


Sayangnya setiap selesai pakai sunscreen Althea ini, selalu muncul jerawat-jerawat kecil di wajah aku terutama bagian kening. Awalnya aku mengira kalau itu adalah bruntusan tapi kok enggak sembuh-sembuh juga. Barulah ketika aku baca tulisan Kak Mia di blog nya, aku paham kalau ini bukan sekedar bruntusan tapi udah termasuk fungal acne. Hal yang membuat aku yakin karena aku menemukan beberapa ingredients yang kemungkinan menjadi pemicunya. Bukan cuma itu, kondisi cuaca yang panas dan keringat juga bisa menjadi pemicu tumbulnya fungal acne ya.

Jadi yang bisa aku pahami disini, tolong koreksi kalau aku salah, karena adanya beberapa ingredients yang memicu timbulnya fungal acne yang ditambah lagi dengan cuaca panas di Pekanbaru yang membuat sunscreen ini justru menimbulkan bintik-bintik alias fungal acne di wajah aku. Perlu diingat, wajahku sensitif dan rentan berjerawat.


✨ CONCLUSION
Harga cukup terjangkau apalagi di Althea sering ada promo menarik. Jangan lupa dikocok dahulu sebelum dipakai supaya cairannya menyatu. Hasilnya velvet, jadi bukan matte ya. Mempunyai aroma mawar. Berasa nyaman dan enggak berasa lengket ketika dipakai.  Cepat menyerap. Hanya saja produk ini menimbulkan fungal acne di wajahku.

Sebenarnya agak sedih waktu tau produk ini malah menyebabkan fungal acne di wajahku. Padahal aku udah terlanjur cinta dengan rasa ringan dan nyamannya di wajah aku. Cuma kasian wajahku dong kalau tetap pakai produk ini juga. Mungkin bukan jodohnya wajahku dengan sunscreen ini *hiks*.

Tapi jangan takut untuk mencoba ya karena beberapa temanku sesama blogger pun banyak yang suka dan cocok dengan sunscreen Althea ini kok. Hanya aja aku berpesan bagi kalian yang punya tipe kulit yang sama denganku, harap berhati-hati aja ketika mencobanya. Kalau tertarik untuk coba, bisa langsung ke ALTHEA dan kalian juga bisa dapatkan diskon 20% yang berlaku untuk pembelian pertama. Dan setiap pembelian minimal Rp. 299.000, kalian bakal dapat gratis ongkir.

Sekian dulu Beauty Talk bareng aku, semoga bisa menjadi referensi kalian yang lagi cari sunscreen. And see you on my next review, bye!!


  • Share:

You Might Also Like

14 komentar

  1. Waah sayang juga ya kalo bisa memicu jerawat.. mungkin dibeberapa orang bisa cocok aja ya. Aku termasuk yg sensitif banget, sepertinya juga ga bisa cobain suncreen ini.

    ReplyDelete
  2. Sunscreen yang lagi hype banget nih di kalangan blogger😊Bisa memicu fungal acne yah tp balik lagi skincare itu cocok2an

    ReplyDelete
  3. Aku hampir mau beli ini nih bbrp hari lalu. Tapi gak jd terakhirnya. Thanks infonya tami.. Berguna banget baca ini.

    ReplyDelete
  4. Ternyata dia gk cocok buat yg acne prone ya,, oke gk bisa buat q berati ��

    ReplyDelete
  5. Sayang banget blom jodoh sama sunscreen ini. Pdhl banyak yg cocok lo. Aku malah pnasaran sm fungal acne itu kek gimana pnampakannya.

    ReplyDelete
  6. Semua sih tergantung ya beb... Cocok"an... Tiap org beda... Tpi kalo yg acne prone bisa memicu munculnya fungal acne ya takut jga nih...

    ReplyDelete
  7. Lha.. bisa bikin fungal acne. Hm... Ya sudah tak berani aku pakainya.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu ingredients yg bikin fungal acne. Harus lebih hati2 lagi nih ya.

    ReplyDelete
  9. Ini super best seller ya di korea karena seringan itu dan melembabkan. Gak bikin white cast juga ya sepertinya. Kulit kita tipenya sama nih kak tami super sensitif dan cepat berjerawat, jadi agak hati hati milih sunscreen.

    ReplyDelete
  10. Aku suka dengan packagingnya. Pink soft gituu.. tapi bisa menimbulkan jerawat yaa.. Padahal menurutku produk korea itu bagus-bagus tapi balik lagi ke seterongab wajah yaa

    ReplyDelete
  11. Kenapa aku baru tau ya ada sunscreen dgn packaging secute ini hmm, tp syg bgt di kaka gacocok ya emg tipe sensitif tuh harus ekstra hatihati huhu semoga nnt ketemuu sunscreen yg bener2 cocok dgn tipe kulitnya

    ReplyDelete
  12. Boleh nih dicoba.. selama ini suka males pake sun screen karena bikin minyakan di wajah kalo udh siang.. :(

    ReplyDelete
  13. waduh kita punya tipe wajah yg sama nih. Aku klo sunscreen spfnya yg besar suka gak cocok beb. Makanya lebih pilih sunscreen yg sekitar 30++ doang huhu.

    ReplyDelete
  14. aku masalah sama inorganic sunscreen kayak gini. lgipula di foto kamu before-afternya nggak begitu kelihatan. selama dia nggak bikin minyakan, aku sih oke aja hehe.

    ReplyDelete