[REVIEW] Smooto Tomato Aloe Snail BB AA Cushion

By Tami Oktari - July 28, 2018



"Cushion dalam bentuk sachet? Emang ada?"
Ada dong!!

Eits, ini bukan sample size ya. Tapi ini size asli dari salah satu produk Smooto yaitu Smooto Tomato Aloe Snail BB & AA Cushion. Kalian udah familiar belum nih dengan brand Smooto? Jadi Smooto itu menyediakan berbagai macam skincare dan makeup. Dan produk ini merupakan salah satu produk makeup Thailand teknologi Jepang yang perdana aku cobain. 

PRODUCT INFO
Nama Produk: Smooto Tomato Aloe Snail BB&AA Cushion
Netto: 10 gram
Period After Opening: 1 Month
BPOM No.: NA49180300436
Harga: Rp. 45.000
Made in Thailand

Sumber: Website Resmi Smooto
PRODUCT CLAIM
Cushion ini ringan di wajah, mudah dibaur dan menciptakan lapisan tanpa noda dan tidak akan oksidasi sepanjang hari. Ekstrak sari tomat, lidah buaya dan siput juga punya banyak manfaat bagi kulit dan enggak menyumbat pori-pori. Ideal untuk kulit sensitif dan berjerawat.

PACKAGING
Packagingnya berupa sachet gitu tapi ini bukan versi sample size ya. Bentuk asli packagingnya emang kayak gini. Karena memang produknya cuma bisa dipakai selama 1 bulan setelah kemasan dibuka. Tapi jangan khawatir! Walaupun bentukannya sachet, udah ada penutupnya juga lho. Jadi setiap selesai pakai produknya, kalian bisa langsung tutup karena udah tersedia tutup berbentuk ulir. Aku senang banget nih dengan packaging kayak gini. Simple dan enggak ribet apalagi kalau mau travelling.



Packagingnya berwarna pink dengan gambar cushion dan siput dibagian depannya. Bagian belakang lebih dominan ke keterangan produk. Tapi mon maap nih ya, 90% keterangan produk tertulis dalam bahasa Thailand. Cuma bagian kegunaan produk aja yang ditempel menggunakan bahasa Indonesia.

Aku kurang begitu paham maksud dari BB-AA Cushion yang tertera dipackagingnya. Apa maksudnya ini BB cream yang merangkap juga sebagai AA cream? Bener begitu? Tolong komen dibawah yah kalau kalian tau^^

INGREDIENTS
Aqua, Cyclomethicone, Titanium dioxide, Dimethicone, Butylene glycol, Octocrylene, Propylene glycol, Talc, Mica, Ethylhexyl methoxycinnamate, Lauryl PEG-10 tris ( Trimethylsiloxy) silylethyl dimethicone, Snailsecretion filtrate, Sodium chloride, Dimethicone crosspolymer, Cl 77492, Phenoxyethanol, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Solanum lycopersicum fruit extract, Aloe barbadensis leaf extraxt, Cl 77120, Chlorphenesin, Caprylic/Capric triglyceride, Trimethylsiloxy silicate, Cl 77491, Allantoin, Disodium EDTA, Polypropylsilsesquioxane, Chitosan, Cl 77499, Stearalkonium hectorite, Hydrogen dimethicone, Triethoxycaprylylsilane, Disodium stearoyl glutamate, Fragrance, Propylene carbonate, Cl 77002.

TEXTURE & SCENT
Konsistensinya cair banget jadi hati-hati ya pas nuanginnya. Soalnya aku pernah kebablasan nuanginnya kebanyakan karena saking cairnya. Untuk aromanya, sumpah enak banget. Aroma manis yang familiar. Tapi aku lupa ini aroma manis dari apa XD


RESULT
Untuk shade, aku enggak tau ini shade apa karena enggak tertera di packagingnya. Atau ada ditulis dalam bahasa Thailand mungkin ya. Aku cek di websitenya juga enggak ada penjelasan mengenai shadenya. To be honest, shadenya terlalu terang di kulit aku yang yellow undertone. Jadi untuk mengimbanginya biar balance, aku set menggunakan bedak tabur dengan shade gelap. Hasilnya matte finish dan gampang banget di blend (blendable). Aku biasanya ngeaplikasiin menggunakan sponge. Hasilnya benar-benar nyatu di kulit. Bisa juga pakai foundation/bb cream brush tapi kalau lagi ada jerawat dan kulit kering, lebih pas emang pakai sponge/beauty blender yang udah dibasahi sebelumnya.


Untuk coveragenya, tergolong light to medium coverage. Karena kalian bisa liat di foto bagian atas, bekas jerawat aku enggak tertutup sempurna. Bekas jerawat aku emang tergolong agak parah di bagian pipi, jadi harap maklum ya. Soalnya aku lagi masa pemulihan semenjak breakout. Walaupun bekas jerawat aku enggak tertutup sempurna tapi bb cushion ini cukup untuk menyamarkan noda nakal itu. Bagi kalian yang enggak punya spot nakal di wajah berarti enggak perlu masalah dengan perihal coverage ini.

By the way, sebelum dikomen pedes ama netijen seperti "kok lagi jerawatan malah makeupan", "Ga usah dulu lah makeupan". Dude, aku tau kok dengan kondisi wajah aku. Kalau memang kondisi jerawatnya super parah, aku juga enggak bakalan mau makeupan kok. Jadi, aku mau kasih tau aja kalau kondisi kulit aku udah membaik. Kemaren wajah aku memang sempat breakout karena coba produk baru. Tapi sekarang kondisinya udah jauh membaik terutama bagian pipi. Tekstur kulit mulai rata walaupun belum semua bruntusan lenyap. Perawatan untuk hilangin bekas jerawat kan enggak gampang ya, apalagi sekarang aku fokus sembuhin breakoutnya dulu. Baru setelah itu fokus untuk hilangin bekas jerawatnya. Kalian udah pasti tau kalau lagi ada jerawat aktif, diusahakan menghindari produk whitening, benar kan? Udah segitu dulu aja yak infonya. *Maafkan kalau kepanjangan hehe*

Oke, balik bahas cushionnya lagi ya^^ Tipe kulit aku itu berminyak dan cushion ini enggak begitu bisa nahan minyak dalam waktu lama di wajah. Sekitar 1-2 jam pemakaian, wajah aku udah mulai berminyak. Kalau misalnya kondisi mengharuskan untuk touch up, biasanya aku blot dulu wajah aku pakai oil paper. Setelah itu baru aky touch up menggunakan bedak tabur.

Aku cocok pakai cushion ini karena enggak nimbulin breakout di wajah. Jadi klaimnya sesuai karena cocok di wajah aku yang sensitif dan berjerawat. Cuma sayangnya shadenya terlalu terang dan pilihan shadenya terbatas atau malah cuma tersedia 1 shade (?)


CONCLUSION
Packaging yang praktis ngebuat produk ini jadi travel friendly. Hasilnya matte finish. Medium coverage. Kalau mau lebih nahan minyak lagi, bisa dicoba pakai primer sebelumnya atau setting spray setelah bermakeup. Untuk shade ini, lebih cocok dipakai dengan yang punya warna kulit putih/fair.


Kalian juga bisa lho kepoin review dari skincare Smooto. Udah aku review dengan lengkap juga *insha allah*. Kalian bisa langsung scroll up dan lihat dibagian "BACA JUGA". Bisa langsung klik tulisannya dan kalian bakalan langsung meluncur ke review Smooto lainnya^^

Sekian dulu review aku kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa di review berikutnya ya. Bye :*


SOSIAL MEDIA
Smooto Indonesia: Instagram
Beautygoers: Instagram | Facebook | Blog


  • Share:

You Might Also Like

26 komentar

  1. Aku udah pernah coba yg ini, lucu bgt bisa dibawa kemana-mana, praktis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener praktis banget ya hehe packagingnya pun lucu^^

      Delete
  2. Buat yang kulitnya kering kayaknya bisa 3 jam'an kali ya beb. Seru kayaknya ini. Kemasannya unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kak. Walaupun hasil akhirnya matte tapi bukan matte yang berlebihan banget sih. Jadi masih cocok di pakai ama yg kulit kering menurutku^^

      Delete
  3. Wah iya...dipikir pikir kr produk thai. Pasti tll putih buat kita shade nya. Too bad :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mak huhu terlalu terang shadenya di kulit aku yg yellow undertone ini :p

      Delete
  4. Ah bener, matte hasilnya. Ku cinta bb cushion ini. Sayangnya kemasan sachet gampang tumpah klo kebanyakan ambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kan nad hehe aku pernah bablas bleber gt karna kebanyakan nuangin :p

      Delete
  5. Aku penasaran nih sama cushionnya. Unik pula packagingnya

    ReplyDelete
  6. Beb aku penasaran sama si cushionya, praktis juga ya kl bentuknya schet gini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis bgt beb, klo ada shade utk yellow undertone gt mau deh aku stok ni. Mayan utk travelling^^

      Delete
  7. aduh taamm jangan racuni akuu wkwkwk mana packagingnya pink2 gemes gt astagaa pengeenn XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib meracuni dong hehe iya pink gemes ke aku :p

      Delete
  8. wahhhhh ada cushionnya, aku blm coba yang ini, cuma aloe gel sama scrubnya

    ReplyDelete
  9. Blm eny coba make produk ini untung aja baca review dlu klo gk pasti langsung tumpeh hhi

    Eny from Enychandotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaaaa kalo ga ati-ati langsung bablas deh tumpah soalnya cair banget~

      Delete
  10. Sumpah aku tu kemarin penasaran banget sama bb cream nya yg ini.. Produk thailand ni rata2 emang bertujuan buat kulit cerah ya kan tam.. Bahkan bb cream nya sekalipun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih tari hehe aku suka sih ama hasilnya cuma ya itu, shadenya terlalu terang di aku :p

      Delete
  11. Aku beluk sempat nyoba yang ini, btw bakal oksidasi ga ya?

    ReplyDelete
  12. bagus kak foto review produknya..:) stylingnya suka deh

    ReplyDelete