NGOPI CANTIK #4 : PENTINGNYA PUEBI BAGI BEAUTY BLOGGER

By Tami Oktari - January 19, 2018

Mohon maaf sebelumnya, terdapat salah penulisan di banner ini. Tertulis 13 Januari 2017, seharusnya 13 Januari 2018. Mohon dimaklumi^^

Assalamu'alaikum. Hai semuanya!!
Balik lagi di Ngopi Cantik #4 bareng Beautiesquad (biasa disingkat BS). Kali ini aku bakal bahas mengenai topik yang sangat penting sekali. Apa itu? Jadi tema kita untuk bulan ini adalah Pentingnya PUEBI/Tata Bahasa Bagi Beauty Blogger. Pengisi materi di Ngopcan (singkatan dari Ngopi Cantik) kali ini adalah Teh Langit Amaravati. Beliau adalah seorang cerpenis, desainer dan yang pastinya profesional blogger dari wisatakata.id.

Diawali dengan Pembukaan dan Pembacaan rules NgopCan #4 oleh Kak Lia dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari kak Virly sebagai Founder BS serta Vina sebagai Chief BS. Setelah itu, giliran yang paling ditunggu-tunggu adalah penyampaian materi oleh Kak Langit. Nah, yuk kita mulai!

APA ITU EJAAN?
Ejaan adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua "kitab suci", yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016

GAYA BERTUTUR
Sederhananya, gaya bertutur itu maksudnya adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita, dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut.

Sebagai contoh:
❤ Blogger A meyebut dirinya dengan "saya" dan pembacanya dengan panggilan "anda", sedangkan Blogger B menyebut dirinya "aku' dan pembacanya dengan panggilan "kamu" (Nah yang ini aku banget nih hehe).  Ini namanya gaya bertutur.
❤ Atau bedakan gaya bertuturnya Alodita yang cenderung selow dengan blogger Diana Rikasari yang ramai. 

ALASAN MENGAPA TATA BAHASA PENTING UNTUK BLOGGER
Karena blogger adalah penulis dan seorang penulis yang baik tentu harus peduli dengan teknik penulisan. Naif kalau ada yang bilang bahwa blogger tak harus paham ejaan.

PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR
1). Kredibilitas si blogger itu sendiri. Termasuk kaitannya dengan personal branding.
2). Pagerank
Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan tingkat peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Diantaranya adalah ejaan/tata bahasa dan minim typo.
3). SEO
Meski mesin pencari sudah demikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka akan diprioritaskan untuk tampil dihasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar.
4). Pembaca
Dilihat dari sisi pembaca, apalagi jika pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan itu membuat malas.
5). Monetisasi
Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan. 
6). Lomba Blog
Tata bahasa yang benar adalah salah satu poin penilaian

CARA BELAJAR TATA BAHASA
Nah menurut Teh Langit caranya mudah banget lho untuk belajar cara mnulis yang benar. Kita bisa beli buku PUEBI edisi terbaru, hanyanya enggak sampai 100 ribu dan yang paling penting, HARUS DIBACA! haha atau bisa juga di-download. Kalau nemuin kata yang ejaannya bikin kalian ragu, coba cek di KBBI daring.

Belajar dan terus latihan. Biasakan menulis dengan tata bahasa yang benar, baik itu ketika nuis artikel blog atau ketika membuat postingan di media sosial. semakin sering digunakan, kita akan semakin paham. Oya, satu hal lagi, ada blogger yang merasa bangga meski tulisannya berantakan dan tidak mau belajar hanya karena dia sering mendapatkan sponsored post. attitude seperti ini adalah bumerang, Blogging sama seperti karier lainnya, ada iklim persaingan. Setiap hari lahir blogger-blogger baru. Satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowded adalah kualitas.

Jadi itu dia materi yang disampaikan oleh Teh Langit. Menurutku ini benar-benar bermanfaat banget bukan hanya bagi beauty blogger tapi juga bagi semua blogger di luar sana. Sejujurnya selama ini aku juga merasa ga percaya diri dengan gaya bahasa yang aku pakai, entah pembaca nyaman atau enggak dan sebagainya. Semoga aku bisa lebih meningkatkan kualitas blogku dengan memahami PUEBI dan KBBI ini.

Dan, sampai jumpai di Ngopi Cantik berikutnya ya. Bye :*



  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah aku kelewatan ngopi cantik ini, tapi sudah di share disini jadi kurang lebih nya aku jadi tau apa yang dibahas. Memang, bahasa itu penting dalam penulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener!! Hehe penting bgt, pembaca pasti lbh nyaman dgn tata bahasa yg teratur^^

      Delete
  2. Thankyou sharingnya, aku awal ngeblog kayanya masih banyak tata bahasa yang belum benar karena masih asik ngerasa ngobrok sendiri dan sekarang setelah tau ada pembaca di luar sana baru deh memperbaiki pelan-pelan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga jadi belajar lg nih mengenai tata bahasa. Biar pembaca jg nyaman baca post kita^^

      Delete
  3. setuju!! iya memang penting supaya jelas maksudnya dan lebih enak dibaca yaa :D

    ReplyDelete