Berbagai Cemilan Pedas Yang Enak Dari Bandung - Blog by Tami Oktari

August 22, 2020

Berbagai Cemilan Pedas Yang Enak Dari Bandung


Bandung adalah salah satu kota yang terdapat banyak jajanan atau cemilan pedas karena banyak orang Bandung yang menyukai pedas. Berbeda dengan orang jawa yang menyukai manis dan orang sunda yang menyukai makanan pedas serta gurih. Nah dari berbagai cemilan pedas tersebut juga ternyata bahan pembuatannya simple. Sehingga jika kamu susah mencari di kota tempat kamu tinggal, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Meskipun sekarang banyak cemilan sehat dan pedas dari Bandung yang dijual dalam kemasan dan banyak dijual di Supermarket.

  • Basreng
Cemilan peda pertama yang berasal daei Bandung ini punya cita rasa yang gurih dan lezat karena terbuat dari ikan. Jadi basreng ini terbuat dari adonan tepung terigu dan ikan saja. Diberikan sedikit aci atau sagu. Nah basreng mempunyai 2 versi. Ada basreng kering atau yang biasa dijadikan keripik. Ada juga basreng basah. Basreng basah ini biasanya berbentuk bulat atau kotak kemudian diiris dan digoreng hingga kering atau sedikit basah. Kamu bisa memakannya dengan saos sambal atau bubuk cabe.

  • Batagor
Makanan yang satu ini tentunya sudah enggak asing lagi karena udah dijual hingga luar kota Bandung. Batagor ini terbuat dari adonan tepung yang dijadikan seperti kulit lumpia lalu diisi dengan adonan aci dengan ikan. Kemudian digoreng hingga kecoklatan. Setelah itu kamu bisa makan dengan bumbu kacang yang bisa dibuat sendiri dari kacang tanah, bawang putih dan kecap. Bisa juga dicocol dengan sambal.

  • Cimol
Cemilan pedas selanjutnya adalah Cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol. Aci digemol dalam Bahasa Indonesia berarti sagu yang dimakan langsung bulat-bulat. Cimol ini memiliki bentuk bulat kecil yang kenyal. Dimakan dengan saos sambal dan bubuk cabe rasa pedasnya enak. Jika enggak mau menggunakan saos sambal, bisa juga dengan dengan bubuk cabe.

  • Cireng Isi
Cemilan yang satu ini juga sangat enak dan cocok dengan segala usia. Cireng isi ini mungkin di beberapa daerah belum ada yang tau. Cireng singkatan dari aci digoreng ini terbuat dari aci yang dicampur dengan garam dan daun bawang lalu digoreng. Nah kali ini diisi dengan daging atau sosisnya yang ditumis dengan cabe dan bawang. Nah setelah bahan isiannya diisi kecireng dan dibentuk yang unik. Dimakan dengan saos sambal.

  • Rujak Cireng
Ada lagi rujak cireng yang enggak kalah pedas dan segar. Rujak cireng ini tentu aja ada cirengnya. Cireng yang digunakan kali ini tentunya yang enggak ada isinya. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di Supermarket. Cireng ini biasanya ketika digoreng akan crispy. Nah cireng ini dimakan dengan bumbu rujak yang biasa kita makan dengan buah. Jadi dari cabe pedas, gula merah dan garam. Diberikan air sedikit aja. Rujak cireng ini bisa ditaburi juga dengan jeruk sambal yang membuat rasanya sangat enak.

  • Cilok
Cemilan selanjutnya adalah cilok yang pedas. Cilok adalah aci atau sagu yang direbus dan dimakan dengan dicolok. Cilok ada 2 versi yaitu kuah dan kering. Cilok kuaah dimakan dengan sambal yang pedas dan segar. Sedangkan cilok kering dimakan dengan saos. Cilok juga ada yang diisi dengan daging.

Disclaimer: Artikel ini adalah content placement

1 comment:

  1. waaaahhhh benar-benar sangat menarik blog ini....
    sangat menarik unhtuk di ikuti...
    sukses selalu ka buat usahanya...:)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, kritik atau saran mengenai konten ini. Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thank you~♡