Tips Memberikan Nama Bayi Yang Sesuai Ketika Menjelang Lahiran

By Tami Oktari - October 10, 2019


Nama merupakan identitas yang akan membuat kita mudah untuk dikenal banyak orang. Ketika seseorang enggak memiliki sebuah naman, udah pasti akan kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Di dalam Islam, nama merupakan sebuah hal yang sangat diperhatikan. Bukan hanya sebagai pemberian kehormatan yang akan dibawa hingga dewasa nanti tapi juga diharapkan setiap arti nama yang diberikan sama seperti perilakunya di waktu kedepan nanti.

Nama bayi yang baik akan memberikan pengaruh pada kepribadiannya kelak, maka oleh karena itu setiap nama pun sebisa mungkin memberikan dan mengandung banyak do'a seperti dijelaskan di dalam Alquran yang menjelaskan :Hai Zakaria, sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia". Dalam kata-kata tersebut dijelaskan bawaha satu nama dalam satu orang enggak mungkin akan muncul satu orang dengan nama dan sifat yang sama. Maka buatlah nama sebaik mungkin, agar bisa memberikan jalan terbaik untuk anakmu kelak. Disini pun agar ibu dan ayah mudah dalam memberikan nama kepada anak-anaknya, maka akan dijelaskan tahap-tahap dalam memberikan nama. Berikut penjelasannya:

Tahap pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengumpulkan nama-nama anak yang kamu inginkan. Ibu dan ayah pasti punya penilaian yang berbeda terhadap pemberian nama yang sesuai. Kamu bisa mengambilnya dari nama-nama Nabi yang memiliki akhlak mulia dan juga nama selebritis papan atas yang memiliki pengaruh baik atau bahkan kamu ingin mencampurkan nama kamu dan suami. Itu bisa saja yang penting namanya memiliki makna yang baik untuk anak kamu. Kamu bisa mencari dan mencatatnya dibuku oribadi kamu atau di smartphone supaya enggak lupa.

Tahap yang kedua adalah menyatukan ide pemilihan nama anak yang memiliki makna terbaik. Disini kamu bisa membagi-bagi nama yang udah kamu pilih berdasarkan arti atau jenis kelamin. Jangan lupa untuk memilih nama anak yang sesuai jenis kelamin ya karena hal tersebut bisa berpengaruh ketika mereka besr nanti. Jika kamu menginginkan nama yang cukup panjang untuk anak kamu, maka kamu bisa memisahkan masing-masing arti dari setiap kata yang kamu pilih. Dikarenakan buth tenaga dan ide yang cukup besar makan kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama untuk memilih naman. Kamu juga sebisa mungkin membuat nama yang udah kamu siapkan menjadi satu rangkaian kata yang berarti mungkin bisa tiga sampai dengan empat kata berantai.

Jangan terlalu panjang juga yan karena akan membuat sulit anak kamu dalam pembuatan KTP ataupun ketika ujian nanyinya. Jika masih merasa bingung, pelan-pelan aja tapi tetap pasti dalam memilih nama ya. Jadi jangan khawatir karena segala sesuatu insyallah akan baik-baik aja.

Tahap terakhir adalah menentukan dan menyepakati nama yang paling baik menurut orang tua. Menjelang kelahiran yang udah mulai dekat maka kamu harus cepat menyepakati nama anak kamu. Sepakati nama bersama dengan pasangan kamu beserta nama panggilan untuk su kecil. Pastikan juga agar nama yang diberikan bisa menjadi dia dan memberikan jalan kebaikan untuk bayi kamu nantinya. Ketika memilih jangan sampai ada kesalahpaham ataupun keributan diantara orang tua. Pastikan nama yang dipilih adalah pilihan bersama sehingga kedua belah pihak sama-sama menyenagin dan juga bisa merasakan bahwa pemberian nama tersebut merupakan nama terbaik yang diberikan oleh kedua orang tua.

Disclaimer: Artikel ini merupakan content placement





  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Terkadang ada saja orang yang berkata bahwa apalah arti sebuah nama. Tapi menurut saya nama merupakan harapan dan doa dari orang tua untuk anaknya itu.

    ReplyDelete
  2. nama itu sebuah warisan orang tua yang tak ternilai harganya
    di dalamnya tertuah doa dan harapan orang tua untuk si buah hatinya

    ReplyDelete