Laptop Gaming dari ASUS: TUF Gaming F15 (2023) - Blog by Tami Oktari

September 23, 2023

Laptop Gaming dari ASUS: TUF Gaming F15 (2023)


Pecinta gaming udah pasti familiar dengan laptop ini, bahkan adikku juga pengguna laptop ini sebelumnya. Siapa lagi kalau bukan laptop dari ASUS yang paling dikenal sebagai laptop gaming. Kira-kira sedewa apa spek yang tersemat didalamnya sampai bisa digunakan untuk gaming atau aplikasi lainnya yang mempunyai spek tinggi?

Kali ini bakal bahas ASUS TUF Gaming F15 yang udah didesain ulang di tahun 2023 ini dengan ukuran lebih kecil 4.5% dibandingkan versi sebelumnya. Laptop ini memiliki 2 pilihan warna yaitu Jaeger Gray dan Mecha Gray. Bagian depan laptop yang terdapat logo juga diukir menggunakan laser pada edisi Jaeger Gray, sedangkan pada edisi Mecha Gray logo berupa emboss. Indikator 4 arah juga bisa dilihat bahkan saat laptop ditutup serta fitur touchpad memiligi logo TUF dibagian ujung.



Soal keyboard, pastinya laptop ini memiliki keyboard yang dioptimalkan untuk bermain game. Setiap tombol cukup tahan lama untuk menahan lebih dari 20 juta tekanan untuk keandalan dan presisi jangka panjang. Selain itu juga dilengkapi Mini-LED RGB Backlight dan 4 hotkeys.

ASUS TUF Gaming ini memiliki performa dengan prosesor 13th Gen Intel® CoreTM i9-13900H dengan MUX + NVIDIA Advanced Optimus. Dengan prosesor yang mempunyai performa tinggi ini, kita bisa main game, streaming, dan melakukan banyak hal lain dengan kecepatan tinggi. Mengenai NVIDIA, laptop ini dilengkapi dengan GPU laptop NVIDIA GeForce RTX 4060 terbaru dengan TGP maksimal 140W, yang secara andal memberikan frame rate tinggi di banyak game modern bahkan pada 1440p.



Karena CPU dari TUF Gaming F15 ini memiliki jumlah core yang tinggi, jadinya menghasilkan lebih banyak panas ketika beban aktifitas dibatas maksimal kapasitas. Itulah kenapa laptop ini dilengkap dengan sepasang 84-blade Arc Flow Fans untuk menangani CPU berkekuatan tinggi. Ketebalan kipas yang bervariasi memiliki manfaat ganda yaitu meningkatkan tekanan sekaligus mengurangi turbulensi, meningkatkan kinerja pendingin. Selain itu juga mempunya hingga 5 heatpipe khusus dari tembaga yang dapat menyalurkan panas dari CPU dan GPU ke Arc Flow Fans. Hal ini dapat menjaga suhu tetap dingin, bahkan saat bermain game dengan spesifikasi tinggi.

Untuk sistem operasi udah dilengkapi Windows 11 Home dan juga Pre-Installed dengan Office Home and Student 2021 yang dapat memudahkan untuk produktivitas sehari-hari. Soal layar menggunakan layar FHD 144Hz 100% sRGB dengan dukungan G-SYNC dan bezel yang lebih tipis untuk memberikan rasio 80% screen-to-body.

Mengenai port, dilengkapi dengan Thunderbolt 4, HDMI 2.0, USB 3.2 Gen 2 Type  C, USB 3.2 Gen 1 Type A, Audio Combo Jack. Dilengkapi juga WiFi 6 yang cepat dan dapat diandalkan dimanapun koneksi yang kompatibel tersedia. Soal penyimpanan, tersedia hingga 2TB PCIe 4x4 dan RAM hingga 32GB. Semua slot RAM dan penyimpanan dapat diakses sepenuhnya. 

Fast Charging Technology

Untuk kapasitas baterainya 90Wh yang cukup hemat daya yang memampukan streaming dan pemutaran video selamam berjam-jam, dengan teknologi fast charging yang bisa mengisi daya mesin hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit

Hi-Res Audio Certification

Difasilitasi dua speaker yang ditenagai oleh Dolby Atmos yang bisa memberikan efek suara yang lebih realistis dan memukau. Hi-Res Audio ini membuat suara yang dihasilkan akan terdengar bagus. Kualitasnya akan menyerupai apa yang dikerjakan musisi, teknisi, maupun produser saat engerjakan rekamannya. Kita juga mengaktifkan fungsi Two Way Al Noise Cancelation yang berada di lingkungan yang bising, jadi kita bisa lebih fokus saat sedang bekerja/bermain.

Military Grade

Untuk mendapatkan nama TUF Gaming, laptop ini harus berhasil bertahan dari uji coba MIL-STD-810H yang ketat. Perangkat ujinya adalah uji saat terjatuh, mendapatkan getaran, kelembapan, dan suhu ekstrim untuk memastikan keandalan laptop ini. Setelah uji tersebut, TUF Gaming F15 ini dapat diandalkan dalam kondisi berat sekalipun, yang pasti lebih dari mampu  menahan benturan-benturan yang ga disengaja dalam kehidupan sehari-hari.

Laptop ini dibanderol mulai harga dari 19jutaan. Bagi kalian yang ingin tahu lebih jauh mengenai ASUS TUF Gaming F15 ini, bisa langsung mengunjungi website resmi ASUS Indonesia ya. Semua informasi lengkap.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, kritik atau saran mengenai konten ini. Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thank you~♡