RANDOM TALK #1: APA SIH ENAKNYA LAGU KOREA (KPOP)? REKOMENDASI LAGU KPOP YANG BAGUS? - Blog by Tami Oktari

April 3, 2017

RANDOM TALK #1: APA SIH ENAKNYA LAGU KOREA (KPOP)? REKOMENDASI LAGU KPOP YANG BAGUS?


Kalo ngomongin korea ga bakalan ada habisnya. Baik soal musik, drama dan gaya hidupnya. Banyak yang tergila-gila dengan segala hal menyangkut Negara Ginseng ini, Banyak juga yang mencibir dengan mengatakan Korea dengan Sarangnya Operasi Plastik. Aku pribadi sih awalnya cuma demen ama drama nya tapi semenjak kuliah, yang biasanya demen ama musik barat, makin lama jadi "candu"  musik korea atau biasa disebut kpop. Walaupun sejujurnya aku ga mudeng ama arti liriknya tapi entah kenapa lagu-lagunya enak banget didenger, easy listening lah. Untuk beberapa lagu yang aku suka malah bisa akukepoin lirik dan artinya. Ya seenggaknya ga asal ikutan nyanyi tapi gatau arti.

Awal mulai candu ama kpop itu berawal dari soundtrack drama yang ku tonton dan mulai menjalar ke idol grup yang ketika itu masih eranya Super Junior, SHINee, TVXQ, Big Bang dan Infinite untuk boyband dan eranya f(x), SNSD, T-ara, KARA, 2NE1 untuk girlband. Belum ada bermunculan gerombolan oppa ganteng dari EXO ama dedek gemes dari BTS atau para dedek cantik dari Blackpink dan Twice.

Kalo untuk boyband, aku lebih prefer ke Super Junior, SHINee, Big Bang. Sedangkan untuk girlband, aku prefer ke f(x), SNSD dan 2NE1. Sekilas aku kayak nyandu amat ya ama idol dari agensi SM Entertainment ( Kecuali 2NEI dan Big Bang yang berasal dari YG Entertainment). Tapi emang mereka yang hits di waktu itu (kesannya udah jadul banget ya).

Tapi semenjak EXO (debut 2012) dan BTS (debut 2013) menyerang dunia per-kpop-an, sedikit demi sedikit saya beralih ke mereka. Habisnya dimana-mana setiap liat info mengenai korea, mereka lagi terus yang muncul. Jadi mau nggak mau aku jadi kepo dan ikutan suka ama mereka. Dan kebetulan 2 idol grup ini emang selalu bersaing di tangga lagu korea maupun international. Perlu dicatet, aku bukan fans fanatik atau sasaeng fans. Hanya sekedar mengagumi dan senang sama musiknya. Ga boleh musyrik lho sampai memuja-muja mereka. Aku sih kadang heran kenapa bisa sampai ada fans war antara Exo-L (sebutan penggemar EXO) dan A.R.M.Y (sebutan penggemar BTS). Penggemarnya sibuk war, idolnya malah akrab satu sama lain.

Oke balik ke topik. Apa sih enaknya lagu korea? Emang ngerti liriknya? Mungkin bagi kalian yang tidak terbiasa atau sama sekali ga terbiasa dengan "bahasa korea" (dalam artian yang tidak pernah nonton drama atau apapun yang berhubungan dengan korea) bakalan asing atau aneh ama pengucapannya. Tapi bagi saya yang udah hampir 9 tahun bermain dengan drama, variety dan musiknya bakalan biasa aja. Bahkan kalo di tv ada tayangan program/iklan dari korea (tidak di dubbing), aku bakalan tahu kalau itu program korea walaupun aku ga melihat langsung ke tv karena saya terbiasa dengan bahasa mereka. Hmm..ngerti gak ya ama penjelasanku? Maaf ya kalau agak belibet.

Sebagian orang mungkin ga suka ya ama boyband-girband lebih tepatnya liat para cewek dan cowok ini ngedance sana sini. Ya semua orang bebas berpendapat karena punya pandangan tersendiri. Asal jangan sampai menghina selera orang. Tapi kalau aku sih ga pernah nyinyir. Tinggal nikmatin musik mereka aja kok. Kalo emang ga suka, ya ga usah liat, ga usah denger. Daripada buang tenaga untuk komentar jelek dan menghina.

Aku ada rekomendasi nih bagi kalian yang mau coba-coba denger lagu korea. Entah itu dari idol grup atau penyanyi solo.

EXO - Lotto / Louder
Sebenernya lagu ini sempet di banned di salah satu stasiun tv di korea karena mengambil tema mengenai gambling. Gambling itu illegal di Korea (Indonesia juga sih). Makanya di beberapa stage, mereka melakukan perubahan lirik. Tapi terlepas dari itu semua, musiknya enak banget untuk didengar
sumber: Youtube

BTS - Fire
Idol Grup dari Big Hit Ent. ini bener-bener ga pernah gagal deh buat aku seneng ama musik mereka. Ditambah para membernya yg masi muda (cuma 1 member yang seumuran sama aku yaitu Jin BTS, Member Tertua di BTS), jadi lebih fresh aja liatnya.
sumber: Youtube


K.A.R.D - Oh Na Na
Co-ed grup yang bener-bener bikin netizen heboh. Karena jarang banget agensi "berani" buat grup campuran seperti ini (mungkin takut timbul skandal antar member). Grup idol ini terdiri dari 2 cowok dan 2 cewek. Mereka belum resmi debut tapi fans mereka udah bertebaran. Mereka bukan co-ed grup pertama di Korea. Sebelumnya sudah ada Co-Ed School tapi mereka udah disbanded
sumber: Youtube


GFriend - Me Gustas Tu
Aku ga terlalu ngikutin perkembangan grup ini cuma pas denger salah satu lagu mereka yang ini rasanya easy listening aja gitu
sumber: Youtube

Lee Hi - Breathe
Salah satu penyanyi solo favorit aku. Suaranya berlebihan banget sih bagusnya. Denger deh pas lagi live stage atau pas ga lipsing, suara nya bagus banget tanpa harus di autotune. Lagu Breathe ini pun liriknya nyentuh banget. Aku emang kadang suka melankolis sih. Denger lagu ini bisa bikin sendu *halah* Dia juga ngisi soundtrack di drama Scarlet Heart bareng Epic High. Oya, lagu Breathe ini ditulis oleh Jonghyun SHINee lho^^
sumber: Youtube

Blackpink - Boombayah
Idol grup yang memulai debut Agustus 2016 kemarin ini bener-bener nyuri perhatian netizen. Grup yang beranggotakan 4 orang ini berasal dari YG Ent. Agensi yang sama dengan 2NE1 (udah disbanded 2016 kemarin). Kalo boleh berpendapat sih, musik dan style mereka mirip banget ama senior mereka, 2NE1. Mungkin karena berasal dari agensi yang sama ya. Mereka udah ngeluarin 4 single dan semua bagus. Salah satunya si Boombayah yang jadi lagu debut mereka.
sumber: Youtube

BTS - Not Today
Speechless waktu pertama kali denger lagu ini. Keren! Musiknya, MVnya, penampilan  para membernya duh. Ini salah satu lagu comeback mereka di bulan Februari 2017 kemaren jadi masih fresh banget lagunya.
sumber: Youtube

K.A.R.D - Don't Recall
Lagu kedua dari K.A.R.D yang rilis di Februari 2017 ini juga musiknya enak banget. Oya lagu ini juga ada versi english nya. Kalo aku lebih prefer ke versi korea nya sih. Tapi kalo untuk bagian rapnya, entah kenapa di versi englishnya lebih greget. Mungkin karena beberapa bagian rap dinyanyiin ama si Big Matthew yang sejak lahir udah domisili di Los Angeles. Jadi masuk aja pas dia ngerap di versi english
sumber: Youtube

Big Bang - Bang Bang Bang
Ga terhitung ke lagu keluaran terbaru sih karena ini udah di rilis sejak 2015. Tapi lagu ini asik banget beat nya. Kalo liat MV nya jangan heran dengan penampilan para membernya. Karena mereka dikenal dengan style anti-mainstream nya.
sumber: Youtube

EXO - Overdose
Ini juga lagu keluaran 2014 dan merupakan lagu terakhir dengan formasi member lengkap 12 orang. Karena sampai sekarang tahun 2017, udah 3 member EXO asal China yang mengundurkan diri *dan tiba-tiba jadi galau ingat former membernya*. Oke balik ke lagunya. Kalo aku disuruh komentarin lagu di grup ini sih ga ada abisnya. Semua lagu mereka bagus dan easy listening. 
sumber: Youtube

Jadi ada 9 lagu dari idol grup dan 1 lagu dari penyanyi solo yang aku rekomendasikan untuk kalian yang pengen coba-coba untuk dengar lagu korea tapi bingung mau pilih yang mana. Susah sih sebenernya untuk milih 10 lagu doang dari banyaknya list lagu yang enak menurutku. Di post selanjutnya aku bakal sharing ke kalian mengenai rekomendasi soundtrack drama korea yang ga kalah enak untuk dinikmati.

Sekian curcol korea ku untuk hari ini. Ditunggu yaa curcol selanjutnya. Annyeong~~~~

5 comments:

Silahkan tinggalkan komentar, kritik atau saran mengenai konten ini. Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thank you~♡