Tertarik Menjadi Beauty Blogger? Simak Tips Berikut Ini!!

By Tami Oktari - October 23, 2018


Assalamu'alaikum. Hi beauties,

Ingat enggak sih kalian kalau beberapa bulan lalu, tepatnya bulan April 2018 kemarin, aku pernah bahas mengenai alasan aku menjadi beauty blogger. Udah pada baca belum? Nah karena memang kebetulan akhir-akhir ini semakin banyak yang nanya ke aku mengenai cara jadi beauty blogger, makanya aku bakal bahas mengenai tips yang bisa kalian lakukan untuk memulai menjadi seorang beauty blogger. Sesungguhnya udah banyak orang di luar sana yang udah membagikan tips ini tapi disini aku mau kasih tips menurut pendapat aku sendiri. Disclaimer dulu nih sebelum aku bercuap-cuap, aku bukan expert ataupun pro dibidang ini. Aku cuma mau sharing ke kalian dari pengalaman yang udah aku jalani dari 2015 sampai sekarang dalam menekuni dunia beauty blog ini.


Enggak bisa kita pungkiri bahwa dunia beauty lagi hype banget sekarang. Brand kosmetik yang semakin gencar mengeluarkan produk barunya bahkan banyak brand kosmetik baru bermunculan. Seiring dengan kedua hal tersebut, para beauty influencer pun makin banyak juga bermunculan. Event beautypun juga udah semakin banyak yah walaupun sebenarnya di daerah tempat tinggal aku sendiri masih minim banget event beauty. Ayo dong brand-brand kosmetik pada buat event di Pekanbaru, banyak yang nunggu lho hehe^^ Oke, sekarang aku lanjut ya! Kira-kira apa aja sih yang penting untuk diketahui ketika ingin memulai menjadi blogger, khususnya niche beauty. Yang utama, pasti harus punya blog dulu ya. Enggak perlu kumasukin ke point nya deh *lol*. Kalau enggak punya wadah nulisnya, gimana mau ngeblog kan~


Ini jelas ya, untuk memulai sesuatu pasti butuh niat yang kuat. Harus tau dulu alasan untuk memulai sesuatu, apakah benar-benar suka atau cuma ikut-ikutan teman karena lagi hype doang. Ya apapun niatnya, itu terserah kalian ya^^ Enggak masalah kok kalau kalian pun jadi ingin beauty blogger karena memang hal ini lagi hype banget. Tapi haruslah kalian konsisten jika mau terjun ke suatu bidang. Jangan setengah-setengah naruh effortnya. 



Tiap orang punya ciri khas sendiri kan? Enggak bisa disamain setiap orang walaupun mereka kembar sekalipun pasti punya ciri khas masing-masing. Ciri khas ini penting untuk personal branding. Bagaimana cara kalian mempromosikan konten kalian ke khalayak ramai. Misalkan kalian fokus ke konten produk lokal aja. Kalian bahas dan ulik tuntas tentang produk lokal. Kalau kalian konsisten, kalian pun jadi dikenal dengan "oh blogger itu yang fokus ke produk lokal". Ciri khas kan? Itu dari segi konten. Bisa juga dari segi gaya bahasa. Enggak semua orang punya gaya bahasa yang sama. Gunakan gaya bahasa yang sopan dan senyaman kalian ya. Untuk beauty blog menurutku enggak usah terlalu formal. Lebih asik menggunakan bahas yang 'seperti' mengajak orang untuk berdiskusi.  Menurutku sih. Nah atau bisa juga ciri khas yang dilihat dari feeds Instagram kalian. 


Punya kamera? Its a must!! But..
Gadget yang sudah pasti dibutuhkan bagi seorang content creator. Kalau kalian belum ada budget untuk beli kamera DSLR ataupun mirrorless, jangan khawatir dan gundah gulana lho!! Cukup andalkan kamera hp aja. Tau enggak sih kalian kalau beberapa beauty b/vlogger di luar sana masih banyak yang menggunakan kamera hp untuk foto produk bahkan filming untuk bikin video? Bahkan hasil foto dan video mereka yang cuma menggunakan kamera hp aja bisa lebih bagus lho dibanding mereka yang udah pakai kamera canggih seperti DSLR ataupun mirrorless. No effense ya!! Karena itu semua tergantung skill kamu. Mau paka kamera harga 20 jutaan juga kalau kamunya enggak bisa memanfaatkan fitur di kamera itu sendiri, ya percuma beb ku. Jadi jangan minder kalau kalian belum punya kamera canggih. Maksimalkan penggunaan gadget yang ada dulu. Enggak perlu takut dan minder walau hanya mengandalkan kamera hp. Semangat!!


Nah untuk menjadi seorang beauty blogger, kalian juga harus memperhatikan konten kalian. Jangan asal nulis aja ya beb ku. Maksudnya gini lho, misalnya teman kalian udah punya 20 update postingan di blognya bulan ini dan kalian baru 2 postingan. Kemudian kalian merasa enggak mau kalah dan memacu supaya jumlah postingan kalian bisa disamaratakan dengan si teman tersebut tanpa memperhatikan kualitas dari konten itu sendiri. BIG NO!! Ya emang bagus sih kalau kalian jadi lebih terpacu karena liat kegigihan blogger lainnya. Tapi jangan sampai hanya karena mau banyak-banyakan konten tapi kalian enggak mastiin kualitas konten kalian. Setidaknya kalian harus tau konten seperti apa yang disenangi pembaca terutama google.

Punya konten banyak enggak ada gunanya kalau kalian asal buat dan enggak merhatiin kualitas tulisan kalian sendiri. Siapa yang mau baca dan mampir ke blog kamu kalau tulisannya asal jadi? Google aja ogah nampilin page kamu, apalagi pembaca. Itulah kenapa banyak orang yang berbondong-bondong untuk mempelajari SEO. Gunanya apa sih belajar tentang SEO? Banyak!! Kalian bisa browsing sendiri yah mengenai SEO ini. Aku juga ngerasa belum pantas bahas soal ini lebih jauh, masi struggle juga soalnya hehe. Oya satu lagi, selalu cari ide-ide baru untuk konten. Kalau kalian lagi enggak punya ide mengenai konten yang mau dibahas, bisa cari inspirasi dari blogger lainnya. Asalkan jangan pernah lupa sebutin inspirasi kamu itu sumbernya dari mana. Jangan asal nyaplok ide orang, enggak baik. Enggak usah malu mengakui kalau kamu terinspirasi dari orang lain. Jangan buat orang kesel atau jadi julid karena kelakuan yang kebiasaan suka nyaplok ide orang. Soalnya akupun kesel sama orang yang begitu, suka ngekor sana sini.



Budget minim untuk beli produk yang mau direview? Gini, kalau masalah budget emang enggak bisa di ganggu gugat ya. Kalau memang belum ada budget khusus untuk beli kosmetik, cukup manfaatkan dulu produk keseharian kamu. Percayalah, postingan pertama aku di bidang beauty ini dulunya cuma produk yang biasa aku gunakan sehari-hari. Aku enggak punya budget khusus untuk beli kosmetik walaupun aku udah punya penghasilan sendiri waktu itu. Tau produk Pigeon Compact Powder? Nah itu salah satu produk yang aku review di blog aku tahun 2015 lalu. Di bilang produk hype juga enggak, murah iya *lol*. Ikutin aja alurnya. Mulai dari produk keseharian kamu dulu yang coba di review karena kamu juga lebih paham tentang produk itu karena udah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Kalau kalian konsisten untuk buat konten, insya Allah dengan sendirinya bakal ada brand yang datang sendiri ke kalian untuk menawarkan kerjasama~♡


Pentinglah bagi kita untuk memperluas koneksi ke segala penjuru. Contohnya seperti gabung ke komunitas beauty yang selain bisa digunakan sebagai sarana untuk saling berbagi (sharing), kita juga bisa berkenalan dengan lebih banyak beauty enthusiast di kota lainnya. Dari situ juga kita bakalan terhubung dengan beberapa brand untuk diajak kerjasama, baik melalui komunitas ataupun secara personal. Tapi memang aku akui untuk gabung di beberapa komunitas beauty tidaklah gampang terutama jika kalian "mengincar" member inti dalam suatu komunitas. Dari yang aku pantau selama ini dan udah jadi rahasia umum kalau suatu komunitas akan dengan senang hati menerima atau bahkan merekrut sendiri blogger yang dianggap "layak" untuk jadi member mereka. Apa yang mereka cari dari blogger? Keaktifan!! Aktif membuat konten dan konten yang dihasilkan berkualitas.  Nah ini balik lagi ke pembahasan mengenai konten yang aku bahas diatas tadi. Tapi kalian jangan berkecil hati lho, tetap aktif membuat konten dan jangan lupa untuk selalu perhatikan kualitas konten kalian. Belajar sedikit demi sedikit, insya Allah bakal terlatih dengan sendirinya.

Jadi itu dia sekumpulan tips bagi yang mau memulai untuk mencoba menjadi beauty blogger. Utamanya sih niat ya, menurutku. Kalau enggak ada niat, bakalan susah untuk ngikutin tips di belakangnya. Menurut kalian, apalagi sih yang penting diketahui untuk menjadi seorang beauty blogger?

Nah selanjutnya mau aku bahas apa lagi nih di sesi Random Talk?

Sekian dulu Random Talk by Tami kali ini. Semoga bisa menjadi referensi nih untuk kalian yang mau memulai untuk menjadi beauty blogger. Semangat ya!! Jangan lupa juga untuk cek postingan aku yang lainnya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya~

Bye :*


  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. bener banget nih butuh niat dan budget hahaha aku mulai dari produk-produk yang udah pakai dalam jangka waktu yang lama sih.

    ReplyDelete
  2. bener banget ini. menurut aku yg plg sulit itu personal branding ya.. aku blum nemukan gmn cara bgusnya.. please tulis blog lagi bahas ttg personal branding...👏👏👏

    ReplyDelete
  3. Setuju banget sama Tami. Aku udah ngeblog ttg beauty dr 2012, cuma sempat on-off karena kerja juga kan. Sekarang jadi full time mom baru pny waktu lagi buat kembali fokus hehe.

    Semua yang kamu bilang di atas itu juga aku alamin bnget. Pertama x review ya pakai aja produk yang dipunya. Ga usa ngoyo harus beli byk produk, dan sampai hari ini, tools andalanku masih 1, SMARTPHONE dan itu pun android kelas 2 jutaan haha, cuma upgrade aja dr zaman baheula ke kekinian. Dengan hp juga aku nelajar ngevlog. Kalo kata Tokopedia mah, mulai aja dulu. Yang penting niat.

    Jadi ikutan curhat wkwkwkw

    ReplyDelete
  4. Beneeerrr bangett.. And btw, aku ampe skr lebih nyaman pake kamera hp lhooo. Filming masing 100 % pake kamera depan.. Foto ig pun masih pake kamera hp 😂

    ReplyDelete
  5. Thank you tips2nya ya say...
    😎

    ReplyDelete
  6. soal review mereview ini aku jarang banget ngeluarin budget pribadi beb, aku biasanya yang udah aku punya atau dikasih sama brand hehehe

    ReplyDelete
  7. Gimana sih ka caranya biar konsisten? Kadang kan ada titik males tuuh:(

    ReplyDelete
  8. Setuju banget niih sama semua informasi yang diatas, harus selalu konsisten itu sih kunci utamanya, pengen banget bisa jadi blogger yang selalu kasih info2 baik dan bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Yeayyy tips2 oke bgt ni khususnya buat aku yg pemula.. thanks y beb🤗

    ReplyDelete
  10. Yang pasti harus upgrade ide terus dan konsisten ��

    ReplyDelete
  11. Jaman sekarang nih yah, ada banyak sekali yang mau jadi blogger loh. Awalnya pada cuma liat blogger yang udah sukses terus pengen ikutan juga padahal yah gak semudah bayangan sih jadi blogger ini apalagi beauty blogger kan yah.

    ReplyDelete
  12. Yang terpenting jangan malas dan ingat komitmen utk terus nulis hehe

    ReplyDelete
  13. Suka banget aama tulisan kamu bebs, banyak ilmu yang di dapat nih.

    ReplyDelete