[REVIEW & SWATCHES] Extica Matte Color Stay Lipcream

By Tami Oktari - September 01, 2018


Hi my dearest reader,

Udah siap menerima review terbaru lagi dari salah satu brand makeup lokal? Baik! Kali ini aku mau bahas tuntas mengenai salah satu produk dari Extica yaitu Extica Matte Color Stay Lipcream. Produk lipcream ini baru aja launching beberapa bulan yang lalu dengan mengeluarkan 4 varian warna yaitu 3 warna nude dan 1 warna bold. Mana nih pecinta warna nude? Udah pasti penasaran dong mengenai produk ini. Yuk kepoin sampai selesai ya^^

PRODUCT INFO
Nama Produk: Extica Matte Color Stay Lip Cream
Tersedia dalam 4 shades yaitu 001 Pink Sand, 002 Too Latte, 003 Tutu Skirt dan 004 Carmine Candy
Netto: 4.5gr
Harga: Rp. 89.000
Period After Opening: 12 Months
BPOM No.: NA11181300869
Made in Indonesia


PRODUCT CLAIM
Contains with the pigmented, long wearing and elegant colors makes you fall in love from the first touch to your lips.

PACKAGING
Boxnya doff berwarna putih bersih. Bagian depannya terdapat lobang sehingga kita bisa liat warna dari lipcreamnya. Ada juga tertulis nama produk dan tulisan Charm di bagian depan boxnya. Di sisi lainnya terdapat berbagai keterangan produknya secara lengkap. Oya, di salah satu sisinya ada ilustrasi lipcreamnya yang berupa hologram. Cakep banget!! Kesannya elegan gitu. Apalagi boxnya di dominasi warna putih, merah dan hitam. Perpaduan warna kesukaan aku nih^^


Untuk lipcreamnya, berbentuk tube transparant. Sekilas memang mirip lipstick ya karena desainnya yang unik. Untuk tutupnya juga agak unik. Bagian luarnya transparant tapi dibagian dalam ada lapisan lagi berwarna hitam. Jenis aplikator yang digunakan adalah flat doe foot.


INGREDIENTS
Isododecane, Isohexadecane, Trimethylsiloxysilicate, Cera microcristallina, Bees wax, Microcrystalline wax, Ceresine wax, Candelilla wax 2039, C12-15, Alkyl benzoate, Methyl paraben, Propyl paraben.

May Contain: Cl15850:1, Cl77891, Cl 77491, Cl77492, Cl77499, Cl77891, Cl5850:2, Cl42090

FORMULA (TEXTURE & SCENT)
Teksturnya creamy dan enggak begitu thick. Lumayan cepat nge-set nya di bibir. Untuk aromanya, sekilas seperti ada aroma manis tapi pas agak dihayati sedikit, berasa banget kimianya sih hehe.


SWATCHES
Untuk swatchnya, aku bakal buat 2 versi yaitu hand swatches dan lip swatches. Jadi kalian bisa lihat warnanya ketika diaplikasikan ke kulitku yang warm tone ini^^

Hand Swatches

Lip Swatches

Lip Art
Untuk lip artnya, aku bikin 2 versi yang super simple, yaitu Glitter Mix  (A) dan Ombre Lips (B). Aku masih tahap belajar jadi mohon maaf ya kalau lip artnya masih sangat simple. Di gambar A, aku menggunakan 4 shades dari lipcream Extica dan aku tambahin sedikit glitter dibagian tengah bibir. Untuk gambar B, aku menggunakan 3 shades yaitu 002 Too Late, 003 Tutu Skirt dan 004 Carmine Candy dengan ala-ala korean style yaitu ombre lips.


RESULT
Glides so smoothly on my lips. Gampang banget diratakan. Tapi khusus untuk shade 001 Pink Sand entah kenapa aku ngerasa agak susah untuk diratain. Apa ini cuma di bibir aku doang ya kayak gini? Harus diaplikasikan berulang kali biar benar-benar merata. Untuk 3 shades lainnya sih aman-aman aja. Berasa ringan juga dibibir.

Full pigmentation. Bagi kalian yang punya bibir gelap seperti aku, pasti cocok banget pakai lipcream ini karena benar-benar bisa nutupin warna asli bibir. Hasil akhirnya matte. Kalau bibir lagi dalam keadaan super kering, ada baiknya pakai lipbalm dulu ya biar hasil pemakaiannya lipcreamnya juga bagus dan enggak bikin bibir kering.

Beneran long-lasting? Yes! Aku pakai dari siang sampai malam dan alhamdulillah warnanya masih stay walaupun udah agak memudar. Enggak gampang transfer (transferproof) juga. Aku bawa makan mie rebus, kebab, gorengan dan minum sih. Transfer sedikit doang dan enggak nempel di sedotan/bibir gelas pas minum. Cuma aku ngerasa makin lama garis bibir aku makin keliatan karena hasilnya yang benar-benar matte.

Karena aku paling senang dengan pakai dengan cara ombre lips, aku juga mencoba memadu padankan lipcream ini. Biasanya aku menggunakan warna nude di keseluruhan bibir dan warna bold dibagian dalam bibir. Nah karena formula lipcream ini yang cepat nge-set, harus cepat diratakan (blend) begitu di oleskan ke bibir. Kalau terlalu lama di blend, hasilnya enggak begitu smooth karena bakalan keliatan harsh line antara 2 warna yang digunakan. Bisa di tap tap dengan jari biar hasilnya lebih bagus.

Untuk ngehapusnya, biasanya aku menggunakan makeup remover yang berbahan dasar oil yang dikhususkan untuk menghapus makeup waterproof karena lebih gampang. Pernah coba pakai micellar water dan ternyata susah banget hapusnya.


CONCLUSION
Produk lokal dengan harga dibawah 100ribu. Packagingnya top!! Hasilnya matte. Saran untuk pemilik bibir kering, bisa pakai lipbalm dulu sebelumnya untuk menghindari bibir dehidrasi/terkelupas. Untuk varian warna yang tersedia belum terlalu banyak. Tapi bagi kalian pecinta nude, pasti suka banget dengan warna ini.

Sosial Media Extica Indonesia

Kalian juga bisa lho lihat review dari Demia Kamil untuk tau gimana sih pendapat si cantik satu ini mengenai produk Extica iniπŸ’•

SOSIAL MEDIA Beautygoers: Instagram | Facebook | Blog

Dari keempat shade lipcream Extica ini, mana nih yang jadi favorit kalian? Nah sampai disini dulu postingan aku mengenai lipcream lokal ini. Semoga bisa membantu kalian dalam memilih produk dan sampai jumpa di review selanjutnya ya. Bye :*


  • Share:

You Might Also Like

29 komentar

  1. Warna-warnanya menggoda sekali. Harganya dibawah 100 ribu mah pasti dicari banyak pemuja lip product nih πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harganya lumayan terjangkau ya^^ cakep pula packagingnya ya hehe

      Delete
  2. Aku jg suka extica nih.. yg carmine candy paling sering buat dijadiin ombre wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yg Carmine Candy favoritku banget nih hehe^^

      Delete
  3. favorit aku yang Tutu Skirt beb, bagus warnanyaaa, aku ngerasa cocok di bibir aku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget beb, yang Tutu Skirt sepertinya yang paling wearable ya^^

      Delete
  4. Yaampun beb flat lay km slalu juara 😍😍 gila keren banget .. Btw fav aku no 4 dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah makasi beb 😍 hehe aku juga suka nih ama yg no. 4 πŸ˜πŸ‘Œ

      Delete
  5. Naksir sama shade 003 tutu skirt beb, cakep bgt 😍

    ReplyDelete
  6. Ku kira harganya kelasan purbs, ternyata lumayan juga ya beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih lumayan juga ya tp tetep di bawah 100rb lah ya beb πŸ˜‹✌

      Delete
  7. Aku suka warna 002 Too Latte, warnanya MLBB banget 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe2 warnanya nata ini mah yg 002 hehe πŸ˜‹✌

      Delete
  8. Replies
    1. Alhamdulillah, thankyou beb kuπŸ˜‡πŸ‘Œ

      Delete
  9. Bagus bangeeett.. OMG swatchesnya goals sihh kak tami 😁😍

    ReplyDelete
  10. Warnanya semua cantik2 masa:') yang paling juara sih yg tutu skirt. Mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ku juga suka soalnya wearable gt warnanya πŸ’ž

      Delete
  11. Wih keren ya staying powernya! Dibuat makan juga masih tetep stay. Jadi pengen nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneran masih stay di bibir aku pas di bawa makan beb hehe transfernya dikit doang sih

      Delete
  12. Racun lips banget sih taaam 😍 warna 004 nya cantik ya tam meraaaah 😍

    ReplyDelete
  13. Aku paling suka sama yang tutu skirt

    ReplyDelete
    Replies
    1. warna kesukaan sejuta umat nih ya liv :p

      Delete
  14. aku belum pernah dengar brand ini tapi pink sandnya menggoda :)

    ReplyDelete
  15. Bagus banget kalo dibikin ombre tami! Dan baca postinganmu ini aku menyadari udah lama nggak aktif berburu lipstik haha.

    ReplyDelete
  16. Carmine Candy bagus banget. Kayaknya kudu nyoba nih, mana long lasting pula kan ini :)

    ReplyDelete