Tips Memilih Coworking Space yang Tepat

By Tami Oktari - August 14, 2018

Coworking Space atau ruang kerja bersama saat ini semakin digemari oleh masyarakat terutama dalam perkembangan binis startup di Indonesia. Berbagai orang yang bekerja sebagai founder startup di kota-kota besar seperti Jakarta banyak yang langsung mencari tempat tersebut untuk dijadikan tempat kerja. Ruang tersebut ternyata juga banyak digunakan oleh orang-orang dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda seperti blogger, konsultan, freelancer, dan masih banyak lagi.

Tips memilih Coworking Space Agar Tidak Mengecewakan
Ketika para pekerja tersebut memilih tempat, tidak jarang beberapa diantaranya mengalami masalah hingga kerugian karena salah memilih tempat akibat tidak mengetahui cara yang tepat untuk memilih ruang coworking. Maka dari itu, tips mmilih coworking space ini sangat penting untuk diketahui bagiu anda para pekerja startup hingga freelancer yang ingin menggunakan tempat tersebut agar tidak mengecewakan. Oleh karena itu berikut tips yang bisa dicoba:

1. Lokasi Tempat
Satu hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih tempat coworking yaitu lokasi dimana tempat tersebut berada. Pastikan lokasi berada di tempat yang strategis dekat dengan akses umum dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi Anda. Apabila lokasi yang Anda pilih ternyata tidak strategis maka bisa jadi hal tersebut justru menyebabkan Anda maupun tim kerja berkurang atau bahkan tidak produktif dalam bekerja. Maka dari itu, pilihlah ruang kerja yang letaknya strategis, dekat dengan akses publik, mudah dijangkau, serta tidak berada di tempat yang jauh dari penduduk. Akan lebih baik apabila Anda langsung survei di lokasi agar dapat menentukan apakah tempat tersebut cocok atau tidak.

2. Fasilitas Coworking
Tips kedua yaitu Anda harus memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh coworking. Setiap coworking mempunyai fasilitas yang berbeda-beda tergantung pada harganya. Maka dari itu, sebaiknya Anda menanyakan kepada penyedia tentang fasilitas apa saja yang disediakan di tempat tersebut. Coworking Space yang ideal memiliki fasilitas yang lengkap seperti jaringan internet, tempat duduk yang nyaman, meja yang cocok, hingga ruang kerja dengan segala pendukungnya.

3. Suasana Lingkungan Coworking
Selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah suasana dari lingkungan coworking space Jakarta yang akan Anda pilih. Suasana kerja merupakan hal yang akan sangat mempengaruhi bagaimana produktivitas dan kinerja dari Anda dan juga tim kerja. Pastikan suasananya memiliki tempat yang cozy dan nyaman. Selain itu, desain bangunan dan desain interior yang minimalis akan lebih efektif untuk dijadikan ruang kerja. Kemudian pastikan juga bahwa Anda tidak terganggu dengan suara lingkungan luar yang bising seperti di pinggir jalan raya. Anda juga harus memastikan bahwa ruangan memiliki penerangan yang cukup dan mendukung proses startup bekerja.

4. Harga Sewa Tempat
Tips terakhir yang sebenanrnya sangat penting untuk Anda perhatikan adalah harga sewa tempat. Bagi anda yang memiliki dana anggaran yang terbatas, maka perlu mempertimbangkan harga sewa pula. Selain itu, pastikan juga seluruh fasilitas yang ada sesuai dengan harga sewa tempatnya. Jangan sampai Anda mendapatkan tempat coworking yang tidak memiliki fasilitas lengkap sedangkan harga sewa cukup tinggi. Pilih tempat yang harganya cocok dengan kantong Anda.

Go-work sebagai penyedia ruang kerja yang ada di Jakarta tentu dapat menjadi pilihan Anda. Go-work memiliki fasilitas lengkap serta ruang kerja yang nyaman sehingga pekerjaan anda akan lebih efisien dan produktif. Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan bagi anda yang ingin menyewa coworking space untuk bekerja.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar